Fuad Syarif Hidayatullah
Home » » Menulis Adalah Mengukir Sejarah Kita

Menulis Adalah Mengukir Sejarah Kita

Minggu, 18 Mei 2014 | 0 komentar

Untuk kesempatan klai ini, aku mau berbagi tentang suatu pengalaman nih..
gini lho sib, pernah gak sih kalian ngerasain yang namanya rasa bosan dengan apa yang kita lakukan selama ini? pastinya pernah lah, iya kan?

Mengkin bagi temen-teman yang udah kerja kalo waktu kerja yan OK lah, karena kalo pas di tempat kerha kan mesti sibuk jadi mungkin ya gak sempet buat mikir mau ngapain gitu.. terus kalo udah pulang dari tempat kerja juga pastinya kan capek, tapi suatu saat pasti perhan lah ngerasian yang namanya bosan.

Terus buat temen-teman yang masih sekolah / kuliah kalo lagi jam kuliah ato di rumah pas banyak tugas juga gak sempet mikir mau ngapa, gitu.. ato juga kalo pas lagi banyak kegiatan Organisasi Mahasiswa, seminar, kajian de el el juga jarang kepikiran gitu yah?

Tapi yang jelas, kita semua pasti pernah ngalamin yang namanya rasa bosen dan pengin ngelakuin sesuatu yang beda dari biasanya. Mungkin di antara kita kalo lagi bosen ada yang berpikiran "ahh, mending gue jalan-jalan, nongkring bareng temen-temen aja...", tapi kalo ini udah biasa banget sob, Ok lah kalo kita ketemu sama temen-temen buat diskusi (ciieee) silaturahmi atau hanya sekedar mengobati kerinduan bareng mereka, hehehee.. tapi di sini aku mau kasih satu tips yang gak kalah manfaatnya dengan apa yang aku sebutin di atas tadi.

Yahh, kalo aku sendiri sebagai mahasiswa yang kurang suka pergi-pergi kalo gak ada hal-hal yang dirasa perlu, jadi kalo aku mau pergi tuh mikir dulu "ini kalo aku pergi, hal yang bermanfaat apa yang aku dapet??" (ciieee, hehehee), ehh, tapi kayaknya lebih tepat gini "aku mau pergi ada duit gak yah??" (kalo ini sih perhitungan banget yahh, hee). Ehm, tapi malah jadi ngelantur banget ngomongnya nih, kita kembali ke tema awal, yaitu gini.. kalo kita pengen melakukan sesuatu yang BERMANFAAT, GAK PERLU PAKE DUIT (malah bisa dapet duit loh), GEK CAPEK, LADANG DAKWAH dan MENGASILKAN PAHALA ada sebuah pesan dari Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam, yaitu:

"barangsiapa memberikan contoh (mengajak) orang lain kepada suatu kebaikan (pahala), maka ia memperoleh pahala dari orang tersebut dan pahala orang-orang yang mengikutinya juga tanpa mengurangi pahala mereka, dan barangsiapa memberikan contoh (mengajak) orang lain untuk berbuat suatu keburukan (dosa), maka ia memperoleh dosa dari orang tersebut dan dosa orang-orang yang mengikutinya juga tanta mengurangi dosa mereka" (HR. Muslim)

Nah loohh, mau ngajak berbuat baik apa berbuat gak baik nih? karena ini adalah sebuah Multylevel pahala ato dosa, pilih mana coba? inilah spirit kita untuk memulai mengajak temen-temen kita untuk berbuat baik, yahh bisa dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan menulis hal-hal yang bermanfaat..

Menulis gak harus dengan sesuatu yang terlalu berat-berat, ini bisa dimulai dari menulis apa aja yang bisa kita, diari mungkin? ato apa-lah, yang penting terus menulis, siapa tau dimulai dari seorang "penulis" diari tapi nantinya jadi seorang penulis Beken, Novel mungkin.. kan keren tuh, hee.. atau yang suka galau tuh, biasanya kalo lagi galau tuh tiba-tiba jadi seorang penyair hebat, tanpa belajar di Fakultas Sastra aja udah bisa bikin syair-syair panjang banget gitu (kayak yang udah pernah aja, haa), atau kalo mahasiswa bisa nulis resensi dari literatur ato buku-buku yang udah pernah dibaca.

Nah, kalo udah pengin nulis sesuatu yang agak beratan dikit materinya ya kita harus banyak-banyak baca buku, karena menulis juga harus diawali dengan suka baca buku, bukan begitu?

Kalo aku lagi kumpul-kumpul barena sama temen-temen yang suka menulis, ada beberapa hal atau perkataan yang selalu aku ingit dari mereka, karena itu menjadi sebuah motifasi buat terus menulis. Ada salah seorang seniorku yang bilang gini "Menulis itu Mengenyakan (bikin kenyang)", wahh, sampe segitunya yah, berarti kalo udah nulis dia udah gak inget makan, tapi itu keren, hehee..
ada juga yang bilang gini "kalo kita menulis dengan hati, pasti ada ada orang yang kan terpikat hatinya, entah itu pada apa yang kita tilis atau malah sama orang yang menulis", hahh, ada-ada aja nih..

Kalo aku sendiri bilang gini "Menulis adalah Mengukir Sejarah kita". Nah, tinggal kita mau mengukir seperti apa sekarang, kalo kita bisa mengukir ato menulis dengan tinta emas, kenapa gak??
Gimana sob? udah ada yang mulai beminat untuk menulis? belajar menulis bareng yuk...


SEKIAN, Semoga bermanfaat..
Salam Santun dan Ukhuwah
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Cahaya diatas Cahaya - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger