Fuad Syarif Hidayatullah
Home » , » Refleksi Akhir Tahun

Refleksi Akhir Tahun

Rabu, 31 Desember 2014 | 0 komentar

Suatu hari seorang motivator sedang memotivasi para mahasiswa pada sebuah acara di salah satu Universitas ternama di kota Yogyakarta. Dengan suara lantang ia mengatakan bahwa:

“kesuksesan adalah suatu hal yang pasti,, sukses adalah kepastian!!”,

para peserta pun terdiam.. lalu ia melanjutkan:

“jadi kesuksesan adalah hal yang pasti kita capai, namun kita juga harus bisa mencapai syarat untuk mendapatkannya..  seperti ketika kita mengambil sebuah pena lalu kita angkat pena itu, jika kita melepaskannya dari tangan kita maka pena itu pun pasti akan jatuh, mau berapapun kita coba pena itu pasti akan jatuh jika kita lepaskan dari tangan kita, kenapa? karena kita telah memenuhi syarat dan usaha agar pena itu jatuh, yaitu melepaskannya dari tangan kita.. begitu juga ketika kita ingin sukses, jika kita terus berusaha dan telah memenuhi syarat untuk mendapatkan kesuksesan itu maka kita akan mendapatkannya,, namun banyak dari mereka yang hanya tinggal selangkah lagi untuk mencapai kesuksesan itu tapi mereka menyerah,, karena jalan hidup ini tidak selalunya lurus, kadang berkelok bahkan berduri, namun banyak orang yang menyerah untuk tidak melanjutkan perjalannya menuju kesukesan itu padahal hanya tinggal selangkah lagi di depan mereka..”

*****

Malam ini adalah malam terakhir kita di tahun 2014, tepat jam 00.00 nanti kita akan memasuki tahun baru 2015 yang semoga di tahun yang akan datang kita bisa meningkatan kualitas diri kita dan bisa meningkatkan kebaikan dalam diri kita semua.. semoga apa yang kita cita-citakan di tahun 2015 nanti bisa kita raih.

Namun yang tak kalah pentingnya juga kita perlu untuk introspeksi (muhasabah) diri kita selama tahun 2014 ini. Apa yang kurang dari diri kita? Apa yang perlu kita benahi dan perbaiki lagi? Apa yang perlu kita kembangkan lebih baik lagi di tahun 2015 nanti? Siapkah kita untuk menghadapi kejutan-kejutan besar dengan meraih impian kita di tahun 2015 nanti? Yang mau Wisuda, yang mau Nikah, atau yang rencana dapet Kerja.. siapkah kita dikejutkan dengan itu semua?

Coba kita renungkan sejenak, jika kita sekarang telah berumur 20 tahun (misal). Perubahan apa yang sudah nampak pada diri kita untuk menyambut masa depan kita yang lebih cerah? Dari kita SD, cita-cita apa yang ingin kita capai? Lalu SMP, apa impian kita? Kemudian SMA, kita ingin jadi seperti apa? Saat di bangku Kuliah,, jalan mana yang kita pilih? Sudahkah kita mendekati cita-cita yang dulu menjadi mimpi kita? Sudahkah impian kita kini mulai nampak lebih jelas atau lebih terang? Atau malah semakin buram untuk kita capai? Inilah yang perlu kita renungkan di akhir tahun 2014 ini sebelum kita memasuki tahun 2015 nanti.

“Barang siapa hari ini LEBIH BAIK dari hari kemarin, dialah orang yang BERUNTUNG, barang siapa yang hari ini SAMA DENGAN hari kemarin dialah orang yang MERUGI dan barang siapa yang hari ini LEBIH BURUK dari hari kemarin dialah orang yang CELAKA.” (HR. Hakim)

Intinya adalah, gunakan waktu yang kita punya dengan hal-hal yang positif, yang bisa mengantarkan kita kepada kesuksesan baik di dunia dan akhirat kita kelak. Jangan kita penuhi aktifitas sehari-hari kita dengan hal-hal kurang bermanfaat atau bahkan yang akan merusak masa depan kita, karena kita adalah generasi muda yang mengemban tugas dan amanah yang besar dari agama dan bangsa kita. Jadikan moment akhir tahun ini sebagai sarana kita untuk bermuhasabah atau introspeksi diri kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Wallahu a’lam..



UNIRES - Yogyakarta
Rabu malam, 31 Desember 2014

Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Cahaya diatas Cahaya - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger